Pages

translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Minggu, 20 Desember 2009

Tips Agar Perut Rata

Perut buncit sering menjadi problem bagi banyak orang, khususnya wanita. Karena wanita termasuk makhluk yang peduli terhadap penampilan, berbagai upaya pun dilakukan demi mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Dari olahraga, diet, sampai sedot lemak pun dilakukan.

Padahal, untuk mengurangi kadar lemak yang menumpuk di bagian perut, kita tidak perlu repot-repot diet. Kita hanya cukup memperkaya pengetahuan kita akan berbagai jenis makanan sehat yang baik untuk tubuh kita (Barbara Millen, 2009).




Berikut ini tips yang bisa dipraktekan: 

             

              1. Santap buah dan sayuran

Terutama buah-buahan dari keluarga jeruk. Menurut penelitian dari Copenhagen University Hospital, kita bisa lebih kurus dengan meninggalkan makanan yang termasuk kelompok putih (roti tawar putih atau gula pasir). Kita dapat menggantinya dengan karbohidrat yang berasal dari buah dan sayuran. Selain mengandung serat yang dapat membuat kita kenyang lebih lama, buah dan sayuran juga kaya antioksidan seperti vitamin C (jeruk, buah kelompok beri, dan kiwi) dan beta-karoten (wortel, melon, dan buah persik). Untuk menjaga asupan kalori, perbanyak konsumsi sayuran, baru setelahnya buah. Sebaiknya buah dimakan dalam bentuk utuh, kurangi dalam bentuk jus.
  

2. Tambahkan jumlah protein

Studi menunjukkan, menyantap lebih banyak protein membuat kita kenyang dan lebih berenergi. Hal ini akan memiliki kontribusi yang besar bagi program penurunan berat badan. Akan tetapi, studi juga menunjukkan bahwa protein yang berlebihan dapat memperberat kerja ginjal. Maka dari itu, kita perlu mengatur menu makanan agar 25% kalorinya berasal dari protein. Jatuhkan pilihan pada makanan seperti yoghurt rendah lemak, susu nonfat, daging ikan, dan daging ayam. Kacang-kacangan adalah sumber protein yang baik, tapi sayangnya juga tinggi kalori. Batasi konsumsi kacang cukup sekitar 25 gram seminggu. 


3. Pilih lemak yang tepat

Menurut riset dari Spanyol, menyantap lemak tak jenuh tunggal dan omega 3 dapat membantu kita untuk tetap ramping. Zat-zat tersebut dapat ditemukan dalam minyak zaitun, daging ikan, minyak flaxseed (atau sering disebut juga biji rami).
Jenis lemak yang harus kita hindari adalah trans fat. Lemak ini tidak mempunyai nilai gizi sama sekali. Bisa ditemukan dalam makanan yang padat kalori. Menurut penelitian, selain bisa menyebabkan penyakit diabetes, trans fat juga bisa membuat kita 4,5 kg lebih gemuk dibanding mereka yang hanya menyantap lemak tak jenuh tunggal. 


4. Olahraga teratur

Olahraga tak bisa lepas dari keinginan memiliki gaya hidup sehat. Lakukan olahraga sederhana seperti sit-up untuk merampingkan perut. Olahraga ini cenderung mudah dan dapat dilakukan di mana saja. Tak perlu repot-repot pergi ke gym center, di samping tempat tidur di pagi hari pun bisa. Yang perlu diperhatikan adalah jangan memforsir  tubuh melakukan gerakan ini dalam hitungan yang banyak sekaligus. Lakukanlah secara bertahap setiap 10 hitungan. Jadi setiap 10 hitungan, badan perlu istirahat selama beberapa detik sebelum melakukan 10 hitungan berikutnya. Mekanisme ini dilakukan supaya otot perut tidak robek.

-Berbagai sumber-

0 komentar:

Posting Komentar