Pages

translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Minggu, 20 Desember 2009

Junkfood Pencetus Diabetes Melitus (DM)


Junkfood biasa disebut dengan istilah makanan sampah. Mengapa makanan sampah? Apakah ia terbuat dari bahan-bahan sisa yang diambil dari tempat sampah? Tentu saja tidak. Junkfood populer juga disebut makanan cepat saji, contohnya burger, pizza, fried chicken, dll.
Kenapa disebut makanan sampah?
Makanan-makanan tersebut dimasak dalam suhu yang sangat tinggi. Akibatnya, unsur protein yang terkandung di dalamnya rusak. Hal ini dikarenakan sifat protein memang mudah rusak bila dipanaskan. Lalu, yang tersisa di dalam makanan hanyalah karbohidrat dalam jumlah tinggi. Seperti yang kita ketahui, karbohidrat akan dipecah menjadi glukosa di dalam tubuh kita. Bila makanan ini kita konsumsi terus-menerus, maka jumlah karbohidrat dalam tubuh akan menumpuk sehingga kadar glukosa dalam darah pun akan naik, naik, dan naik. Jika hormon insulin dalam tubuh tidak bisa menandingi ledakan glukosa tersebut, maka akan sangat mungkin orang tersebut menderita DM.
Junkfood menjadi gaya hidup orang-orang di Amerika, sehingga DM pun menjadi penyakit yang lazim di sana. DM di Amerika dapat dianalogikan seperti penyakit flu di Indonesia, sehingga insulin dijual bebas di apotek Amerika.
Note:
Makan junkfood sih boleh-boleh saja (karena memang enak-red), asal jangan terlalu banyak...

Sumber: materi kuliah ^^

0 komentar:

Posting Komentar